STRATEGI PEMASARAN

      Dari latar belakang yang telah diuraikan maka penulis mencoba menulis rumusan masalah sebagai berikut: 
1. Bagaimana pemasaran yang diterapkan pada pangkas rambut Ilham Panorama dalam melakukan penjualan jasa ? 
2. Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pangkas rambut Ilham Panorama dengan menggunakan analisis SWOT ? 

Bab I
 Batasan Masalah 

Dalam hal ini penulis membatasi masalah mengenai strategi pemasaran yang dilakukan pangkas rambut Ilham Panorama dengan menggunakan bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi Product, Price, Place, Promotion,People,Process, dan Physical evidence. Untuk analisis internal dan eksternal penulis menggunakan analisa SWOT yang digunakan untuk menjelaskan posisi pangkas rambut Ilham panorama di lingkungan sekitarnya.

Bab II
Analisis Strategi Pemasaran
 Analisis Strategi pemasaran Pangkas Rambut: 
1. Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM)
2. Strategi Penentuan Segmentasi Pasar 
3. Strategi Bauran Pemasaran
  a. Stategi produk (product strategy) 
  b. Strategi harga (price strategy) 
  c. Strategi tempat (place strategy) 
  d. Strategi promosi (promotion strategy)
  e. Orang (people) 
  f. Proses (process) 
  g. Bukti Fisik (Physical Evidence) 

Bab III
 Analisis Lingkungan Internal 
Kekuatan : 
 a. Harga yang terjangkau 
 b. Kualitas Pelayanan yang baik
 c. Lokasi yang strategis 
 d. Organisasi yang baik 
Kelemahan : 
 a. Kapasitas ruangan yang sempit
 b. Sempitnya lahan parkir 
 c. Kurangnya promosi 
 d. Kurangnya pegawai 

Bab IV 
Analisis Lingkungan Eksternal 
Peluang : 
 a. Daya beli konsumen 
 b. Lokasi usaha yang strategis
 c. Fasilitas ruangan 
Ancaman : 
 a. Adanya pendatang baru
 b. Persaingan diantara pesaing yang ada 
 c. Beralihnya pembeli jasa ketempat lain 

Bab V
KESIMPULAN 

     Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pangkas rambut Ilham Panorama adalah Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), penentuan segmentasi pasar dan metode bauran pemasaran (Marketing Mix) yang terdiri dari produk, harga, lokasi/tempat, promosi, orang, proses, dan bikti fisik atau disebut dengan 7P serta analisis SWOT. Dari hasil bauran pemasaran keberhasilan pangkas rambut Ilham Panorama dalam menjalankan usahanya lebih ditekankan pada harga dan lokasi/tempat. Sedangkan hasil dari analisis SWOT kekuatan perusahaan lebih besar dibandingkan dengan ancaman yang ada disekitarnya. Dari hasil analisis SWOT diketahui bahwa pangkas rambut Ilham Panorama berada dikuadran pertama dalam diagram analisis SWOT, situasi ini merupakan posisi yang paling menguntungkan yang berarti bahwa usaha ini mempunyai peluang dan kekuatan. Karena berada dikuadran pertama pangkas rambut Ilham Panorama berada pada situasi yang sangat menguntungkan, karena mempunyai kekuatan yang kuat dan dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar