Dari latar belakang yang telah diuraikan maka penulis
mencoba menulis rumusan masalah sebagai berikut:
1. Bagaimana pemasaran yang diterapkan pada pangkas
rambut Ilham Panorama dalam melakukan penjualan jasa ?
2. Bagaimana strategi pemasaran yang diterapkan pangkas
rambut Ilham Panorama dengan menggunakan analisis SWOT ?
Bab I
Batasan Masalah
Dalam hal ini penulis membatasi masalah mengenai strategi
pemasaran yang dilakukan pangkas rambut Ilham Panorama dengan menggunakan
bauran pemasaran (marketing mix) yang meliputi Product, Price, Place,
Promotion,People,Process, dan Physical evidence.
Untuk analisis internal dan eksternal penulis menggunakan analisa
SWOT yang digunakan untuk menjelaskan posisi pangkas rambut Ilham panorama di lingkungan sekitarnya.
Bab II
Analisis Strategi Pemasaran
Analisis Strategi pemasaran Pangkas Rambut:
1. Strategi Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM)
2. Strategi Penentuan Segmentasi Pasar
3. Strategi Bauran Pemasaran
a. Stategi produk (product strategy)
b. Strategi harga (price strategy)
c. Strategi tempat (place strategy)
d. Strategi promosi (promotion strategy)
e. Orang (people)
f. Proses (process)
g. Bukti Fisik (Physical Evidence)
Bab III
Analisis Lingkungan Internal
Kekuatan :
a. Harga yang terjangkau
b. Kualitas Pelayanan yang baik
c. Lokasi yang strategis
d. Organisasi yang baik
Kelemahan :
a. Kapasitas ruangan yang sempit
b. Sempitnya lahan parkir
c. Kurangnya promosi
d. Kurangnya pegawai
Bab IV
Analisis Lingkungan Eksternal
Peluang :
a. Daya beli konsumen
b. Lokasi usaha yang strategis
c. Fasilitas ruangan
Ancaman :
a. Adanya pendatang baru
b. Persaingan diantara pesaing yang ada
c. Beralihnya pembeli jasa ketempat lain
Bab V
KESIMPULAN
Strategi pemasaran yang dilakukan oleh pangkas rambut Ilham Panorama adalah
Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM), penentuan segmentasi pasar dan
metode bauran pemasaran (Marketing Mix) yang terdiri dari produk, harga,
lokasi/tempat, promosi, orang, proses, dan bikti fisik atau disebut dengan 7P serta
analisis SWOT. Dari hasil bauran pemasaran keberhasilan pangkas rambut Ilham Panorama dalam menjalankan usahanya lebih ditekankan pada harga dan
lokasi/tempat. Sedangkan hasil dari analisis SWOT kekuatan perusahaan lebih
besar dibandingkan dengan ancaman yang ada disekitarnya.
Dari hasil analisis SWOT diketahui bahwa pangkas rambut Ilham Panorama berada
dikuadran pertama dalam diagram analisis SWOT, situasi ini merupakan posisi
yang paling menguntungkan yang berarti bahwa usaha ini mempunyai peluang
dan kekuatan. Karena berada dikuadran pertama pangkas rambut Ilham Panorama berada
pada situasi yang sangat menguntungkan, karena mempunyai kekuatan yang kuat
dan dapat memanfaatkan peluang-peluang yang ada.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar